top of page
  • Writer's pictureTangga Mas

Tips Tetap Produktif di saat Weekend

Akhir pekan, yakni Sabtu dan Minggu merupakan hari yang ditunggu-tunggu oleh pekerja. Berbagai kegiatan hari minggu bisa disiapkan untuk menghabiskan waktu liburmu.

Hari Senin seolah jadi musuh yang harus dihadapi dengan susah payah, makanya hari Minggu jadi waktu tepat untuk recharge dan kembalikan semangat.

Nah, Sobat TM telah merangkum lima kegiatan ampuh agar kamu bisa lebih produktif tak hanya pada hari Senin, tapi juga selama sepekan berikutnya.



1.Bangun Pagi.

Memang, di akhir pekan kamu maunya bangun siang dan bersantai. Namun, tak ada salahnya untuk bangun lebih awal atau seperti jam kerja. Kamu bisa menghabiskan banyak waktu untuk melakukan kegiatan-kegiatan self-care. Setelah semua hal itu kamu lakukan, sisihkan waktu sebelum tidur untuk membuat rundown apa saja yang harus kamu kerjakan dan prioritaskan di hari Senin. Kamu pun tak perlu khawatir akan merasa bingung pekerjaan mana yang harus dilakukan lebih dahulu. Mengapa dibuat di hari Minggu? Karena pikiranmu sudah lebih tenang dan clear, jadi lebih mudah dalam membuat prioritas.


2. Selesaikan Pekerjaan Kecil.

Supaya hari Senin tidak terburu-buru, kamu bisa nih mencicil pekerjaan yang kecil-kecil saja dan mudah untuk dikerjakan pada akhir pekan. Bukan untuk membuat kamu sibuk di weekend ya, tips yang kedua ini hanya mengarahkan kamu untuk menyelesaikan pekerjaan yang kecil-kecil saja.

Misalnya data entry yang sedikit, riset pekerjaan dengan baca ringan, menuliskan draft email dan pekerjaan kecil lainnya, bisa kamu kerjakan di akhir pekan sehingga di awal minggu nanti, kamu sudah tidak terburu-buru dan bisa bersantai.


3. Siapkan Waktu Berolahraga.

Biar semakin produktif, bangun pagi saat weekend bisa membuat kamu menyiapkan waktu untuk berolahraga dengan leluasa. Weekday bisa jadi waktu yang padat sehingga kamu tidak sempat berolahraga. Padahal olahraga adalah salah satu cara untuk memiliki daya tahan tubuh yang optimal, lho.

Oleh karena itu, bangun pagi saat weekend tidak rugi-rugi sekali karena kamu bisa atur waktu untuk berolahraga dengan leluas. Olahraga lari pagi bisa jadi salah satu pilihan berolahraga di weekend yang oke, lho.


4. Melakukan Hobi yang disuka.

Selain berolahraga, untuk menjaga produktivitas kamu di akhir pekan, salah satu hal yang bisa kamu lakukan lagi adalah menjalankan hobi yang kamu suka. Mungkin pada hari-hari biasa, kamu kesulitan melakukan hobi karena rutinitas yang padat.

Oleh karena itu, waktu di akhir pekan jadi waktu yang sempurna buat kamu tenggelam bersama hobi kamu, nih. Oleh karena itu pastikan hobi kamu berjalan lancar ya.


5. Gunakan Waktu untuk Istirahat.

Terlepas dari hal-hal di atas, beristirahat juga jadi salah satu hal yang mesti kamu lakukan agar produktivitas tetap terjaga. Kalau kamu paksakan terus untuk beraktivitas, tentu tubuh akan mencapai ke kondisi yang tidak begitu baik.

Oleh karena itu, untuk menjaga produktivitas tetap baik – pastikan kamu sudah mencermati beberapa tips di atas dan menerapkannya dengan baik ya!



6 views0 comments
bottom of page