top of page
  • Writer's pictureTangga Mas

Perbedaan Catwalk CNP dan Catwalk Plat Bordes pada Struktur Scaffolding

Perbedaan Catwalk CNP dan Catwalk Plat Bordes pada Struktur Scaffolding - Menurut pendapat para ahli, perbedaan nya sudah jelas dari namanya. Tapi, sobat pasti bertanya - tanya. Kok bisa? Kan sama - sama Catwalk Scaffolding. Yuk, mari kita bahas kedua benda ini dengan rinci.Tapi, sebelum lanjut alangkah baiknya kita mengenal lebih dulu tentang produk ini.


Catwalk CNP dan Catwalk Plat Bordes adalah dua jenis lantai jembatanyang digunakan dalam proyek konstruksi, terutama di area industri dan infrastruktur. Seperti pabrik, gudang, atau fasilitas pemrosesan. Kedua alat scaffolding tersebut tentu ada perbedaan di segi keamanan dan ketahanan.


Sedangkan kelebihan dan kekurangan nya ada pada beberapa faktor yang mempengaruhi stabilitas pada alat itu sendiri.


Kira-kira apa sih yang mempengaruhi untuk kedua hal tersebut? Simak baik - baik yaa sampai habis.


Ada 4 hal yang harus kita soroti dalam perbedaan keduanya:

1. Material:

  • Catwalk CNP: Catwalk CNP umumnya terbuat dari besi dan baja yang bertipe “C” atau “U”, yang sering disebut sebagai “Saluran”. CNP adalah singkatan dari “Canal Normal Peruvien”. Secara umum, catwalk ini sering menggunakan bahan besi yang bertipe “C” atau “U” tipe ini sering digunakan dalam proyek pembangunan atau konstruksi.

  • Catwalk Plat Bordes: Catwalk Plat Bordes terbuat dari lembaran besi datar (Bordes) yang seringkali memiliki permukaan menonjol untuk meningkatkan cengkraman dan menghindari resiko licin. Plat ini terbuat dari besi. Sering dipakai untuk pekerjaan umum karena kelebihannya dalam memperbesar gaya gesek sehingga orang tidak tergelincir saat berjalan diatasnya.

2. Desain Struktural:

  • Catwalk CNP: Catwalk CNP sering dipasang secara horizontal pada bagian berongga menghadap ke arah samping kanan - kiri. Ini menciptakan relung yang berguna untuk pekerja konstruksi menaiki 1 set Scaffolding Frame untuk memasang peralatan, kabel listrik dan pipa dibawah jembatan.

  • Catwalk Plat Bordes: Catwalk Plat Bordes adalah lembaran datar dengan plat menonjol di permukaan yang membentang secara horizontal. Permukaan berlubang ini digunakan untuk memberikan cengkraman yang baik dan juga memungkinkan cairan atau debris untuk mengalir lantai jembatan.

3. Penggunaan Aplikasi:

  • Catwalk CNP: Catwalk CNP sering digunakan sebagai lantai jembatan untuk mengakomodasi pekerja yang perlu berjalan di atasnya dan untuk mendukung pipa dan kabel di bawahnya. Ini sering digunakan di area industri, pabrik, atau fasilitas pemrosesan di mana pekerja perlu berjalan di atas struktur ini. Selain itu, alat ini bisa membantu mempermudah pekerjaan.

  • Catwalk Plat Bordes: Catwalk Plat Bordes juga digunakan sebagai lantai jembatan, tetapi fokus utamanya adalah memberikan cengkraman yang lebih baik, terutama dalam situasi di mana keamanan pekerja dan aliran cairan menjadi perhatian utama. Sering digunakan di lingkungan dimana kondisi licin bisa menjadi masalah serius yang harus dipertimbangkan.

4. Pemasangan:

  • Catwalk CNP: Catwalk CNP biasanya dipasang secara horizontal dengan bagian berongga menghadap ke kanan dan ke kiri. Memerlukan peralatan khusus untuk pemasangan dan mudah untuk diaplikasikan. Karena diujung alat ini, terdapat cantolan yang dapat menghubungkan ke main frame sebelah kiri dan kanan.

  • Catwalk Plat Bordes: Catwalk Plat Bordes lebih mudah dipasang karena itu adalah lembaran besi datar. Mereka biasanya dipasang secara horizontal dengan menggunakan sekrup, baut atau metode pemasangan lainnya.

Dalam proyek konstruksi, pemilihan antara Catwalk CNP dan Catwalk Plat Bordes sangat tergantung pada kebutuhan dan prioritas spesifik proyek. Faktor seperti kekuatan, keamanan, ketahanan, pengaplikasian dan biaya harus dipertimbangkan dengan cermat sebelum memutuskan jenis lantai jembatan yang akan digunakan. Dengan pemahaman yang baik tentang perbedaan antara keduanya, pengambilan keputusan yang tepatdapat membantu memastikan kesuksesan proyek konstruksi.


Tentu, hal ini sangat berpengaruh dalam Jangka Panjang. Selain itu, faktor lain yang menjadi penyebab pengambilan keputusan yang tepat ialah keselamatan kerja yang sangat baik dari segi - segi yang saya sebutkan diatas. Sangat - sangat berpengaruh pada kesuksesan konstruksi. Ini bisa menjadi keuntungan bagi pihak penyelenggara proyek dan pihak - pihak yang terlibat.


Adapun Kelebihan dan Kekurangan dari kedua bahan tersebut:

1. Kelebihan - Catwalk CNP: A). Catwalk CNP memiliki daya kelenturan yang tinggi: Tentu saja kelenturan bahan mempengaruhi tegangan tarik atap supayabisa menahan beban yang lebih baik. Catwalk CNP memiliki tegangan tarik yang cukup besar dibandingkan baja pada umumnya.


B). Mudah dipasang: Besi CNP memiliki bobot yang ringan. Ini membuat besi CNP mudah dipotong dan dirangkai sedemikian rupa sehingga membentu atap. Anda bisa membuat konstruksi atap besi CNP sendiri tanpa bantuan orang, asalkan paham dengan tata cara pembuatannya. Catwalk CNP juga sangat bermanfaat untuk digunakan selain materialnya yang ringan, juga gampang diaplikasikan.


C). Bisa dibuat variasi bentuk atap: Bobot besi CNP yang cukup ringan dan fleksibel sehingga mudah dibentuk. Hanya saja bentuk rangka atapnya harus sesuai agar tidak mudah roboh.


D). Hemat dan bisa didaur ulang: Besi CNP bersifat serbaguna, justru itu bisa dimanfaatkan untuk membangun strukturdan bagian bangunan lainnya. Kamu bisa memanfaatkan sisa potongan Besi CNP untuk membangun pagar, kerangka penyangga ringan, atau railing tangga. Material ini bersifat furnitur bertema industrialis. Cocok untuk kamu yang punya kreativitas tinggi dan harga yang ekonomis.


Kekurangan - Catwalk CNP.

A). Rangka atap kurang kuat: Catwalk CNP juga memiliki kekurangan saat digunakan sebagai papan jembatan. Jarak antar besi harus cukup rapat agar strukturnya tetap kuat. Juga pastikan tatakan yang dibuat cukup tahan dalam berbagai tekanan. Ini juga mengurangi nilai estetikanya. Kamu harus melindungi bagian atapnya dengan menambah plat atau triplek sebagai bahan pijakan.

B). Pemasangan harus teliti: Catwalk CNP dipasang di bagian atas diantara kedua buah main frame, tapi lakukan dengan teliti dan benar. Perhatikan juga jarak antar besinya agar tidak gampang roboh hanya karena berjauhan. Kamu bisa berkonsultasi dengan arsitek atau tukang yang membuat Catwalk CNP untuk mengetahui potensi pemuaian dan penyusutan baja atau besi.

C). Mudah terbawa angin: Catwalk CNP berbahan dasar besiringan sehingga membuatnya rentan terbawa angin di ketinggian. Hal ini seringterjadi pada konstruksi bangunan pencakar langit. Solusinya, pilihlah baut yang lebih kuat untuk mengunci Catwalk CNP ini.

E). Kerusakan korosi pada jenis tidak tahan karat: Jika Catwalk Plat Bordesterbuat dari material yang tidak tahan karat dan terkena elemen yang korosif dan seperti cairan kimia. Ini sangat memperbanyak pengeluaran untuk biayaperawatan alat.


2. Kelebihan - Catwalk Plat Bordes: A). Keamanan: Salah satu keunggulan Catwalk Plat Bordes adalah keamanan yang diberikan. Permukaan yang menonjol pada plat membantu mengurangi resiko tergelincir, dan bahkan dalam kondisi basah. Sangat penting bagi lingkungan dimana keamanan pekerja adalah prioritas utama. Ini sangat penting dalam mengurangi resiko kecelakaan kerja.

B). Cengkraman yang baik: Permukaan yang berlubang pada Catwalk Plat Bordes memberikan cengkraman yang baik untuk pekerja dan peralatan yang berjalan di atasnya. Ini sangat mengurangi resiko tergelincir dan jatuh. Dan bagi pekerja yang ingin berolahraga, bisa juga dibuat senam rematik dikarenakan bentuknya yang mempunyai lubang atau tonjolan di permukaan plat bordes itu sendiri.


C). Fleksibilitas dalam penerapan: Catwalk Plat Bordes dapat digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk lingkungan industri, pabrik, proyek, fasilitas pemrosesan, platform di lokasi kerja, dan semacamnya. Karena kemampuannya untuk mengatasi berbagai kondisi. Ini adalah pilihan yang serbaguna untuk berbagai proyek.


D). Tahan terhadap tekanan: Catwalk Plat Bordes dibuat dari besi yang kokoh, serta platnya yang tebal sehingga tahan terhadap tekanan yang melebih Catwalk CNP. Papan Plat Bordes juga sangat kuat dan awet, karena dari segi kualitas lumayan bisa digunakan dalam jangka lama.


Kekurangan - Catwalk Plat Bordes:


A). Biaya awal yang lebih tinggi: Catwalk Plat Bordes lebih mahal dalam hal biaya dibandingkan dengan Catwalk CNP atau jenis papan jembatan lainnya. Ini karena pembuatan permukaan berlubang dan menonjol dalam penggunaan material yang lebih tahan lama. Tidak ramah dalam hal biaya karena kualitas juga lebih bagus dari pada Catwalk CNP.


B). Alat yang berat: Alat yang berat ketimbang Catwalk CNP. Kurang mudah dibawa dan membutuhkan tenaga tambahan untuk membawanya. Hal ini bisa memakan waktu yang cukup lama dan juga membuat pekerjaan harus dilakukan 2x, dikarenakan besinya yang berat, harus dibantu dengan tenaga manusia atau mesin.


C). Tidak cocok untuk beban berat yang berlebihan: Meskipun Catwalk Plat Bordes dapat menahan beban yang signifikan, ada batasan pada berat tertentu yang dapat ditangani oleh jenis ini. Dalam situasi di mana beban sangat berat, mungkin diperlukan jembatan yang lebih kokoh agar bisa menahan beban yang lebih berat lagi.


D). Potensial untuk kerusakan permukaan: Permukaan menonjol dapat menjadi lebih rentan terhadap kerusakan fisik atau aus dari waktu ke waktu, terutama jika ada lalu lintas berat, penggunaan peralatan berat, atau membawa alat yang melebihi batas kekuatan papan jembatan tersebut.


Dalam memilih Catwalk Plat Bordes untuk proyek konstruksi tertentu, penting untuk mempertimbangkan segalanya mulai dari kebutuhan spesifik, anggaran, dan faktor keamanan. Meskipun memiliki beberapa kekurangan, keamanan yang tinggi dan cengkraman yang cukup baik memungkinkan Catwalk Plat Bordes menjadi pilihan yang sangat direkomendasikan dalam banyak situasi dimana keamanan pekerja dan kondisi permukaan adalah faktor utama.


Sekian penjelasan dari saya mengenai perbedaan, kelebihan serta kekurangan. Saya lebih merekomendasikan kalian untuk mengunjungi PT. Tangga Mas Jaya Makmur karena disana menjadi pilihan utama customer untuk membeli Scaffolding dan aksesoris Scaffolding. Disini lebih banyak produk berkualitas mengenai Scaffolding. Baik itu Catwalk CNP maupun Catwalk Plat Bordes. Jual Scaffolding Surabaya hanya di PT. Tangga Mas Jaya Makmur yang berkualitas dan terbukti customer satisfaction 100%.


Jual Scaffolding Surabaya, Scaffolding Surabaya, Jual Scaffolding Online, Harga Scaffolding Surabaya, Distributor Scaffolding Surabaya, Jual Scaffolding Gresik, Scaffolding Surabaya Timur, Scaffolding Murah Surabaya, Jual Scaffolding Surabaya, Scaffolding Mojokerto, Scaffolding Sidoarjo, Scaffolding Rungkut Surabaya, Scaffolding di Wonokromo, Scaffolding Gedangan Sidoarjo, Scaffolding Citraland Surabaya, Scaffolding di Menganti, Scaffolding Lakarsantri Surabaya, Scaffolding Pucang Sidoarjo, Scaffolding di Kenjeran, Scaffolding Ngagel Surabaya, Scaffolding Kebomas Gresik, Scaffolding di Perak, Harga Scaffolding Per Set, Tempat Jual Scaffolding Surabaya, Harga Scaffolding, Harga Scaffolding 1 Set, Jual Scaffolding Bandung, Jual Scaffolding Banyuwangi, Jual Scaffolding Tangerang, Sewa Scaffolding Terdekat.


34 views0 comments
bottom of page