top of page
  • Writer's pictureTangga Mas

5 Teknik Angle Fotografi

Hai Sobat TM 🤗



Kali ini mimin akan memberikan Tips mengenai 5 Teknik dan Macam-macam Angle Fotografi, apa saja itu❓yukk check it out yakk‼️


📷 Angle Fotografi merupakan sudut pengambilan gambar dengan memperhatikan posisi kamera ketika membidik suatu objek.


📸Seorang fotografer harus bisa memilih angle dengan tepat karena sudut pengambilan akan mempengaruhi gambar yang dihasilkan.


😉Berikut beberapa Angle Fotografi yang sering digunakan oleh para fotografer:


1️⃣ Low Angle

Efek yang ditimbulkan dari sudut pandang ini adalah obyek akan terkesan besar dan sangat detail.


Low angle adalah sudut pengambilan gambar dengan posisi kamera lebih rendah daripada objek yang difoto. Secara psikologis, low angle akan menghasilkan obyek foto yang terlihat kuat, elegan, mewah, atau kesan dominan. Biasanya fotografer akan memilih angle ini untuk mengambil gambar bangunan seperti gedung bertingkat.


2️⃣ High Angle

Teknik ini akan menghasilkan gambar objek yang terlihat lebih fokus, sederhana dan tidak melebar.


High angle adalah teknik pengambilan gambar di mana fotografer berada pada posisi atas atau lebih tinggi daripada obyek foto. Ketika menggunakan teknik ini,obyek akan terlihat kecil sehingga dapat memberikan kesan yang lemah atau inferior.




3️⃣ Eye View (Normal Angle)

Gambar yang dihasilkan dari Eye View ini memiliki tampilan yang kurang lebih sama dengan apa yang kita lihat sehari-hari.


Eye level atau sudut pandang normal merupakan angle yang paling umum digunakan untuk mengambil gambar. Posisi kamera pada angle ini akan sejajar dengan dengan tinggi obyek. Biasanya fotografer akan menggunakan teknik eye level untuk mengambil foto dokumentasi atau aktivitas yang sedang dilakukan oleh seseorang.


4️⃣ Bird Eye View

Hasil yang diperoleh akan memperlihatkan lingkungan yang sangat luas dengan benda-benda lain yang tampak di bawah sangat kecil.


Sesuai dengan namanya, bird eye view adalah teknik pengambilan gambar dengan sudut pandang dari mata seekor burung. Biasanya teknik ini digunakan untuk mengambil foto landscape atau cityscape. Foto yang dihasilkan akan memiliki kesan yang luas dan melebar. Berbeda dengan high angle, bird eye view ini tidak memfokuskan lensa kamera pada obyek tertentu.


5️⃣ Frog Eye View

Sedikit lebih jauh daripada Low Angle, teknik ini memiliki sudut pengambilan gambar yang jauh lebih rendah dari obyek. Teknik ini dapat memberikan sudut pandang yang benar-benar berbeda, mengingat kita jarang melihat obyek dari bawah.


Frog eye view memposisikan kamera sejajar dengan mata katak atau hampir menyentuh tanah. Ketika menggunakan teknik ini, terkadang seorang fotografer harus berada pada posisi tiarap untuk membidik obyek. Angle frog eye view ini banyak digunakan oleh fotografer jika obyek foto berada tepat di atas tanah.


Sekian Tips dari mimin tentang 5 Teknik Angle dalam Fotografi. ☺️


Bagi Sobat TM, tidak perlu kaku dalam menerapkan Angle Fotografi sesuai teori. 🤗


Hampir semua obyek di dunia ini bisa dipotret dengan beragam Angle di atas, semuanya bergantung pada kreativitas kalian lo❗️🥰😍


Sambil jalan, jam terbang akan menuntuk sendiri jemari Kalian untuk menemukan sudut foto terbaik.🌳⛰


Selamat mencoba 📸☝️😉


Untuk pemesanan dan info lebih lanjut langsung klik aja Link di BIO kami atau kamu bisa hubungi Marketing kami di www.scaffoldingtm.com ☝️😉🤙


15 views0 comments
bottom of page